MICE  

INH Salurkan Bantuan Darurat untuk Korban Gempa Cianjur

LEMBAGA kemanusiaan International Networking for Humanitarian (INH) menyalurkan bantuan logistik darurat untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, melalui posko bersama di Desa Ciherang, Kecamatan Pacet, Jumat (25/11). Bantuan darurat merupakan asesmen pertama pascagempa yang menelan banyak korban jiwa tersebut.

“Ini merupakan asesmen awal untuk membantu meringankan korban yang terdampak bencana gempa bumi dengan memberikan bantuan kebutuhan mendesak untuk warga seperti makanan, susu kebutuhan balita, seperti pampers dan obat-obatan,” kata Koordinator Nasional Sahabat Relawan INH (Kornas Share) Rendhy Apriandi dalam keterangan tertulis, Sabtu (26/11). INH melakukan penggalangan dana untuk memberikan bantuan lanjutan kepada mereka yang terdampak.¬†

Ia mengatakan mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, lembaganya bisa kembali menyalurkan bantuan lain. “Untuk saat ini kebutuhan yang masih belum terpenuhi seperti terpal untuk tenda pengungsi, karena kami melihat banyak pengungsi yang berteduh dalam tenda-tenda yang terbuat dari bahan seadanya,” kenangnya.

Rencananya, selain memberikan bantuan logoistik darurat, INH juga akan melakukan bantuan untuk anak-anak yang mengalami trauma dengan mendatangkan psikolog untuk memberikan pelayanan trauma healing kepada anak-anak yang terdampak bencana. “Kami juga akan melakukan inventaris masjid dan lembaga-lembaga pendidikan seperti majelis taklim yang mengalami kerusakan untuk dilakukan renovasi dan bantuan berupa Al-Qur’an dari program wakaf yang selama ini sudah menjadi program jangka panjang lembaga kami,” jelasnya.

Sahlan Damiri, Ketua Dewan Pengawas INH, yang ikut dalam rombongan pengiriman bantuan memberikan motivasi kepada para korban agar tetap bersabar dan husnuzan kepada sang pencipta. Ia menyakini bencana ini bagian dari ujian dari Allah subhanahu wa ta’ala untuk meningkatkan derajat manusia. “Semoga para keluarga korban, baik yang meninggal maupun yang selamat, selalu diberi ketabahan. Yakinlah Allah subhanahu wa ta’ala tidak akan memberikan ujian yang melebihi dari batas kemampuan manusia,” ucapnya.

Sahlan berpesan kepada para pengungsi agar tidak terburu-buru kembali ke rumah mengingat masih banyak gempa susulan di sekitaran Cianjur. Menurutnya, keselamatan jiwa di atas segalanya daripada mempertahankan harta benda yang bersifat sementara.

Presiden Direktur INH Lukmanul Hakim menginstruksikan kepada seluruh relawan yang tergabung di Sahabat Relawan INH (Share INH) untuk membantu para korban bencana gempa di Cianjur. Peran relawan dinilai sangat dibutuhkan dalam situasi bencana seperti ini. “INH memiliki sayap kerelawanan yang berada dalam wadah Share INH. Kami sudah menginstruksikan seluruh relawan agak ikut bersama-sama berbuat atas musibah yang dilanda saudara-saudara kita di Cianjur,” jelasnya.

Lukman mengatakan, bahwa setiap bencana di Tanah Air INH bersama relawan selalu hadir dan ikut serta memberikan bantuan. Hal ini merupakan wujud nyata dari INH dalam menyampaikan pesan tentang kemanusiaan di atas segalanya. (OL-14)


Sumber: mediaindonesia.com