MICE  

Cadangan Gas di Blok South Sumatra Ditemukan

SATUAN Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) bersama dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Medco E&P berhasil menemukan cadangan gas baru melalui sumur eksplorasi Flamboyan-1, Blok South Sumatra yang berlokasi di Provinsi Sumatra Selatan.

Deputi Eksplorasi, Pengembangan, dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas Benny Lubiantara menjelaskan, hasil tes sumur eksplorasi Flamboyan-1 menghasilkan gas berkualitas tinggi dengan laju alir awal sebesar 5,4 juta standar kaki kubik per hari atau MMSCFD pada 2.050 psig Flowing Tubing Head Pressure (THP).

Sumur Flamboyan-1 telah mulai ditajak pada 10 Oktober 2022 dengan target kedalaman sumur mencapai 5.800 feet di Formasi Baturaja.

“Saat ini kami masih menunggu hasil tes selanjutnya untuk memastikan besaran cadangan yang ditemukan. Berdasarkan analisa, sumur ini berpotensi menghasilkan produksi gas sebesar 15 MMSCFD,” kata Benny dalam keterangannya, Selasa (27/12).

Temuan cadangan gas ini, jelas Benny, menjadi penting untuk pemenuhan target produksi migas nasional dan menunjukkan bahwa potensi gas bumi di Indonesia terbilang besar. Untuk itu SKK Migas bersama KKKS berkomitmen mempercepat proses yang ada agar temuan-temuan cadangan migas tersebut dapat segera berproduksi.

“Selain itu gas juga memiliki peranan yang sangat penting dalam transisi. Kami berharap produksi gas ini dapat segera dimanfaatkan oleh pasar domestik”, kata Benny.

Adapun Direktur Utama Medco E&P Ronald Gunawan menambahkan, keberhasilan sumur eksplorasi Flamboyan-1 akan mendorong berlanjutnya kegiatan eksplorasi lain di area sekitar.

“Kami juga optimis monetisasi dari penemuan eksplorasi ini dapat dilakukan dengan cepat karena lokasi yang dekat dengan fasilitas produksi yang telah terpasang,” tandasnya. (OL-8)


Sumber: mediaindonesia.com