MICE  

Banjir Rob dan Gelombang Tinggi Landa Cilacap

ROB melanda sejumlah perairan di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng), pada Sabtu (30/10). Salah satunya berada di Pantai Sodong, Kecamatan Adipala.

Akibat banjir rob tersebut, sejumlah warung milik warga yang tidak jauh dari bibir pantai terkena dampaknya. “Banjir rob terjadi karena ada gelombang pasang. Beberapa kali terjadi gelombang pasang. Warung-warung yang ada di bibir Pantai Sodong terkena dampaknya. Untuk kerugiannya tidak terlalu besar,” ujar Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPBD wilayah Kroya, Sugiarto.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat, terutama pemilik warung dan pengunjung pantai, untuk waspada. “Semua harus waspada, terutama para pengunjung pantai, karena kondisi pantai kurang kondusif,” katanya.

Selain gelombang pasang, BMKG Tunggul Wulung Cilacap mengingatkan bahwa pantai selatan Jateng dan DIY terancam gelombang tinggi.

“BMKG memprakirakan ketinggian gelombang berkisar antara 2,5 meter hingga 4 meter. Ketinggian gelombang tersebut tersebar dari Jawa Barat (Jabar), Jateng, sampai DIY. Oleh karena itu, kami mengimbau kepada┬ánelayan dan pengunjung pantai untuk meningkatkan kewaspadaan,” kata pengamat cuaca BMKG Tunggul Wulung Cilacap Rendi Krisnawan. (OL-14)


Sumber: mediaindonesia.com