MICE  

5 Contoh Personal Letter dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

5 Contoh Personal Letter dalam Bahasa Inggris dan Terjemahannya

PERSONAL letter, atau surat pribadi, merupakan jenis surat yang berisi pembahasan mengenai hal-hal yang bersifat pribadi. Dalam konteks bahasa Indonesia, personal letter diterjemahkan sebagai surat pribadi. Format dari personal letter cenderung bersifat non-resmi atau informal, dan tujuan utamanya adalah untuk berkomunikasi dengan seseorang yang menjadi tujuan surat.

Personal letter umumnya digunakan oleh individu yang berada di lokasi yang berjauhan. Saat ini, pesan pribadi dapat dikirimkan secara daring melalui berbagai media, termasuk surat elektronik (email) dan platform media sosial.

Meskipun kemudahan teknologi memungkinkan pengiriman pesan pribadi dengan cepat, tetap penting untuk memahami pengertian, struktur, dan melihat contoh personal letter. Pembelajaran menulis personal letter dapat membantu seseorang memahami cara berkomunikasi secara efektif.


Personal Letter

Dari materi Bahasa Inggris Personal Letter karya Dliyaudin Al Khoyyath, diketahui bahwa personal letter merupakan jenis surat tidak resmi yang ditulis oleh perorangan dengan tujuan menjalin hubungan dekat dengan individu lain. Surat ini umumnya membahas masalah-masalah yang bersifat pribadi, menciptakan ruang untuk mengekspresikan perasaan secara tertulis kepada penerima surat.

Surat pribadi menggunakan bahasa yang tidak resmi, memungkinkan penggunaan bahasa sehari-hari atau bahasa gaul. Meskipun demikian, tetap ditekankan untuk memperhatikan kesopanan bahasa dalam penulisan. Jenis surat ini memiliki fungsi utama sebagai sarana komunikasi tulisan untuk menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat.

Surat pribadi bisa ditujukan kepada orang tua, saudara, teman akrab, atau sahabat yang mungkin berada jauh dari penulis surat. Meski teknologi telah menggeser peran surat pribadi dengan metode komunikasi lebih instan seperti WhatsApp, SMS, dan email, pentingnya pengajaran materi surat pribadi di sekolah tetap diakui. Hal ini membuktikan bahwa, meskipun berbagai platform digital memudahkan komunikasi, surat pribadi tetap memiliki nilai dan perlu dipahami sebagai bentuk komunikasi yang unik dan berharga.

Struktur penulisan personal letter

Berdasarkan e-modul Kemdikbud Bahasa Inggris Kelas XI yang disusun oleh Siswiyati Sri Haryono, S.Pd, tersedia panduan struktur dan langkah-langkah mudah untuk membuat surat pribadi. Struktur umum personal letter meliputi:

1. Tanggal (Date): Bagian atas surat berisi tanggal penulisan, contohnya “12th March 2022.”

2. Alamat (Address): Alamat pengirim atau asal surat ditulis di bagian kanan atas, seperti Yogyakarta, Bandung, West Jakarta, dll.

3. Salam & Nama (Greetings & Name): Pembukaan surat mencakup salam pembuka dengan kata “Dear” diikuti oleh nama penerima, misalnya “Dear My Lovely,” atau variasi lainnya.

4. Pembukaan (Introduction): Awal perkenalan atau tanggapan dari surat sebelumnya.

5. Isi Surat (Body): Bagian inti yang berisi pesan atau cerita yang ingin disampaikan.

6. Penutup (Closure): Mengakhiri pembicaraan atau isi surat.

7. Salam Penutup (Complimentary Close): Penutup pendek seperti “With love,” atau “Regards.”

8. Tanda Tangan (Signature): Opsional, bisa berupa tanda tangan atau inisial nama.

Contoh personal letter Bahasa Inggris dan Artinya

Berikut adalah beberapa contoh surat pribadi yang dapat dicontoh, dikutip dari Modul Pembelajaran Bahasa Inggris SMA Kelas XI yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Contoh 1

South Jakarta, 15th August 2024

Dear Joni,


I hope this letter finds you well. It has been a month since I last received any news from you. I wanted to share with you that I had a recent health issue. Last week, I was hospitalized due to a dengue fever infection.

It all started with a sudden weakness in my body, and I even fainted while studying in the classroom. Subsequently, I was rushed to the hospital due to a high fever. Upon arrival, I was immediately admitted to the emergency unit, and the doctor began necessary treatments. I had to stay in the hospital for a week, with daily intravenous treatments. Fortunately, by the seventh day, my condition improved, and after the final checkup, the doctor allowed me to go home.

Now, I am feeling much better. This experience has made me more cautious about maintaining cleanliness in my house, especially my room, to prevent a recurrence of the illness.

That’s the latest update from me. Please write back soon. I look forward to hearing from you and hope to see you soon.


Best regards,
Michelle


Artinya:

Jakarta Selatan, 15 Agustus 2024

Dear Joni,

Semoga surat ini menemukanmu dalam keadaan baik. Sudah satu bulan sejak saya terakhir menerima berita dari kamu. Saya ingin berbagi denganmu bahwa saya mengalami masalah kesehatan baru-baru ini. Minggu lalu, saya dirawat di rumah sakit akibat infeksi demam berdarah.

Semuanya dimulai dengan kelemahan tiba-tiba dalam tubuh saya, bahkan saya pingsan saat sedang belajar di kelas. Selanjutnya, saya segera dibawa ke rumah sakit karena demam tinggi. Setibanya di sana, saya langsung masuk ke unit gawat darurat, dan dokter segera memberikan perawatan yang diperlukan. Saya harus tinggal di rumah sakit selama seminggu dengan perawatan intravena setiap hari. Untungnya, pada hari ketujuh, kondisi saya membaik, dan setelah pemeriksaan terakhir, dokter memperbolehkan saya pulang.

Sekarang, saya merasa jauh lebih baik. Pengalaman ini membuat saya lebih berhati-hati dalam menjaga kebersihan rumah saya, terutama kamar saya, untuk mencegah kekambuhan penyakit.

Itulah kabar terbaru dari saya. Tolong balas segera. Saya berharap dapat mendengar kabar dari kamu dan berharap bisa bertemu segera.

Salam terbaik,
Michelle

Contoh 2

Bandung, 21 January 2024

My Dearest Kartika,

How is everything there? Is it still hot? The weather remains cool here. Regarding your invitation for me to visit you, I’m uncertain whether I can make it. Frankly, it seems quite challenging as I don’t think I have the means to afford the trip.

Instead, why don’t you consider coming here? I’d love to guide you around my cherished hometown.

Affectionately,

Budi

Artinya:

Bandung, 21 Januari 2024

Kartika Tercinta,

Bagaimana kabarnya di sana? Masih panas? Cuaca di sini masih sejuk. Terkait undanganmu untuk aku berkunjung, aku tidak yakin bisa pergi. Sejujurnya, sepertinya hampir tidak mungkin karena aku merasa tidak mampu secara finansial.

Sebagai gantinya, mengapa tidak mempertimbangkan untuk datang ke sini? Aku akan senang memandu kamu mengelilingi kota kelahiranku yang tercinta.

Dengan penuh kasih,

Budi

Contoh 3

Surabaya, February 1st, 2024


Dear Nathan,


How are you? Hope everything is okay with you. I’m all right here. We are going to have the national examination, aren’t we? Are you well prepared for it?

Well, to be honest, I just have some difficulties in preparing for it, especially in Science. There are extra lessons in my school and I take them all. But, I feel that they don’t help. I’m still confused in solving Mathematic problems.
I’m just worried that I fail the national examination. Do you have any suggestion for me? I really appreciate your help.
I look forward to hearing from you.


Your buddy,
Rendy


Artinya:

Surabaya, 1 Februari 2024

Dear Nathan,

Apa kabar? Semoga semuanya baik-baik saja di sana. Aku baik-baik saja di sini. Kita akan menghadapi ujian nasional, bukan? Apakah kamu sudah siap dengan baik?

Sejujurnya, aku mengalami beberapa kesulitan dalam mempersiapkannya, terutama pada mata pelajaran IPA. Ada pelajaran tambahan di sekolahku dan aku mengikutinya semua. Namun, rasanya mereka tidak membantu. Aku masih bingung dalam menyelesaikan soal Matematika.
Aku khawatir gagal dalam ujian nasional ini. Apakah kamu punya saran untukku? Aku sangat menghargai bantuanmu.
Aku menantikan kabarmu.

Salam,
Sobatmu,
Rendy

Contoh 4

Dear Ms. Rita Suherman S.Pd,


I acknowledge that I have made numerous mistakes towards you. My actions often caused you distress or anger as I proved challenging to manage. However, deep within my heart, I genuinely appreciate having such an excellent teacher like you.

Your patience in handling all your students, even when we occasionally misbehave, does not go unnoticed. You continuously strive to understand us.

Ms. Rita, I want to express my gratitude for everything you have done. Thank you for imparting valuable knowledge to me. I will always cherish the lessons you taught me.


Thank you for being an outstanding teacher. I wish you enduring health and happiness.


Sincerely,
Your student,
Handriadi

Artinya:


Kepada Ibu Rita Suherman S.Pd,


Saya menyadari bahwa saya telah membuat banyak kesalahan terhadap Anda. Tindakan saya seringkali membuat Anda merasa kesal atau marah karena saya sulit dikendalikan. Namun, di lubuk hati saya, saya sungguh bersyukur memiliki seorang guru yang sangat baik seperti Anda.

Kesabaran Anda dalam menghadapi semua siswa, bahkan ketika kami kadang-kadang berperilaku nakal, tidak luput dari perhatian. Anda terus berusaha untuk memahami kami.

Ibu Rita, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya atas segala yang telah Anda lakukan. Terima kasih telah memberikan pengetahuan berharga kepada saya. Saya akan selalu menghargai pelajaran yang telah Anda ajarkan.

Terima kasih telah menjadi guru yang luar biasa. Saya berharap Anda selalu sehat dan bahagia.


Hormat saya,
Siswa Anda,
Handriadi


Contoh 5

Dear Aunt Nia,


I have some exciting updates to share with you. Recently, I successfully completed my final examination.

Just a week ago, I managed to participate in a senior high school English competition. Additionally, my parents have decided to enroll me in a renowned English course in our town.

Furthermore, they assured me that if I excel in my English studies, they will consider sending me to a foreign university. It’s fantastic news, isn’t it? I am committed to working hard to achieve this goal. I aspire to become an excellent pediatrician, just like you, Aunt Nia.

That’s the latest from my end. Eagerly awaiting your news.


Warm regards,
Dewi


Artinya:


Hormat Aunt Dwi,


Saya punya berita seru untuk dibagikan kepada Anda. Baru-baru ini, saya berhasil menyelesaikan ujian akhir.

Hanya seminggu yang lalu, saya berhasil berpartisipasi dalam sebuah kompetisi Bahasa Inggris tingkat sekolah menengah atas. Selain itu, orangtua saya telah memutuskan untuk mendaftarkan saya di sebuah kursus Bahasa Inggris terkenal di kota kita.

Lebih lanjut, mereka menjamin bahwa jika saya berhasil dalam studi Bahasa Inggris saya, mereka akan mempertimbangkan untuk mengirim saya ke universitas di luar negeri. Ini berita luar biasa, bukan? Saya berkomitmen untuk bekerja keras mencapai tujuan ini. Saya bermimpi menjadi seorang dokter spesialis anak yang hebat, seperti Anda, Aunt Nia.

Itu dia kabar terbaru dari saya. Dengan penuh antusias menantikan kabar terbaru Anda.


Salam hangat,
Adeline. (Z-10)

PERSONAL letter, atau surat pribadi, merupakan jenis surat yang berisi pembahasan mengenai hal-hal yang bersifat pribadi. Dalam konteks bahasa Indonesia, personal letter diterjemahkan sebagai surat pribadi. Format dari personal letter cenderung bersifat non-resmi atau informal, dan tujuan utamanya adalah untuk berkomunikasi dengan seseorang yang menjadi tujuan surat.

Personal letter umumnya digunakan oleh individu yang berada di lokasi yang berjauhan. Saat ini, pesan pribadi dapat dikirimkan secara daring melalui berbagai media, termasuk surat elektronik (email) dan platform media sosial.

Meskipun kemudahan teknologi memungkinkan pengiriman pesan pribadi dengan cepat, tetap penting untuk memahami pengertian, struktur, dan melihat contoh personal letter. Pembelajaran menulis personal letter dapat membantu seseorang memahami cara berkomunikasi secara efektif.


Personal Letter

Dari materi Bahasa Inggris Personal Letter karya Dliyaudin Al Khoyyath, diketahui bahwa personal letter merupakan jenis surat tidak resmi yang ditulis oleh perorangan dengan tujuan menjalin hubungan dekat dengan individu lain. Surat ini umumnya membahas masalah-masalah yang bersifat pribadi, menciptakan ruang untuk mengekspresikan perasaan secara tertulis kepada penerima surat.

Surat pribadi menggunakan bahasa yang tidak resmi, memungkinkan penggunaan bahasa sehari-hari atau bahasa gaul. Meskipun demikian, tetap ditekankan untuk memperhatikan kesopanan bahasa dalam penulisan. Jenis surat ini memiliki fungsi utama sebagai sarana komunikasi tulisan untuk menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat.

Surat pribadi bisa ditujukan kepada orang tua, saudara, teman akrab, atau sahabat yang mungkin berada jauh dari penulis surat. Meski teknologi telah menggeser peran surat pribadi dengan metode komunikasi lebih instan seperti WhatsApp, SMS, dan email, pentingnya pengajaran materi surat pribadi di sekolah tetap diakui. Hal ini membuktikan bahwa, meskipun berbagai platform digital memudahkan komunikasi, surat pribadi tetap memiliki nilai dan perlu dipahami sebagai bentuk komunikasi yang unik dan berharga.

Struktur penulisan personal letter

Berdasarkan e-modul Kemdikbud Bahasa Inggris Kelas XI yang disusun oleh Siswiyati Sri Haryono, S.Pd, tersedia panduan struktur dan langkah-langkah mudah untuk membuat surat pribadi. Struktur umum personal letter meliputi:

1. Tanggal (Date): Bagian atas surat berisi tanggal penulisan, contohnya “12th March 2022.”

2. Alamat (Address): Alamat pengirim atau asal surat ditulis di bagian kanan atas, seperti Yogyakarta, Bandung, West Jakarta, dll.

3. Salam & Nama (Greetings & Name): Pembukaan surat mencakup salam pembuka dengan kata “Dear” diikuti oleh nama penerima, misalnya “Dear My Lovely,” atau variasi lainnya.

4. Pembukaan (Introduction): Awal perkenalan atau tanggapan dari surat sebelumnya.

5. Isi Surat (Body): Bagian inti yang berisi pesan atau cerita yang ingin disampaikan.

6. Penutup (Closure): Mengakhiri pembicaraan atau isi surat.

7. Salam Penutup (Complimentary Close): Penutup pendek seperti “With love,” atau “Regards.”

8. Tanda Tangan (Signature): Opsional, bisa berupa tanda tangan atau inisial nama.

Contoh personal letter Bahasa Inggris dan Artinya

Berikut adalah beberapa contoh surat pribadi yang dapat dicontoh, dikutip dari Modul Pembelajaran Bahasa Inggris SMA Kelas XI yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Contoh 1

South Jakarta, 15th August 2024

Dear Joni,


I hope this letter finds you well. It has been a month since I last received any news from you. I wanted to share with you that I had a recent health issue. Last week, I was hospitalized due to a dengue fever infection.

It all started with a sudden weakness in my body, and I even fainted while studying in the classroom. Subsequently, I was rushed to the hospital due to a high fever. Upon arrival, I was immediately admitted to the emergency unit, and the doctor began necessary treatments. I had to stay in the hospital for a week, with daily intravenous treatments. Fortunately, by the seventh day, my condition improved, and after the final checkup, the doctor allowed me to go home.

Now, I am feeling much better. This experience has made me more cautious about maintaining cleanliness in my house, especially my room, to prevent a recurrence of the illness.

That’s the latest update from me. Please write back soon. I look forward to hearing from you and hope to see you soon.


Best regards,

Michelle


Artinya:

Jakarta Selatan, 15 Agustus 2024

Dear Joni,

Semoga surat ini menemukanmu dalam keadaan baik. Sudah satu bulan sejak saya terakhir menerima berita dari kamu. Saya ingin berbagi denganmu bahwa saya mengalami masalah kesehatan baru-baru ini. Minggu lalu, saya dirawat di rumah sakit akibat infeksi demam berdarah.

Semuanya dimulai dengan kelemahan tiba-tiba dalam tubuh saya, bahkan saya pingsan saat sedang belajar di kelas. Selanjutnya, saya segera dibawa ke rumah sakit karena demam tinggi. Setibanya di sana, saya langsung masuk ke unit gawat darurat, dan dokter segera memberikan perawatan yang diperlukan. Saya harus tinggal di rumah sakit selama seminggu dengan perawatan intravena setiap hari. Untungnya, pada hari ketujuh, kondisi saya membaik, dan setelah pemeriksaan terakhir, dokter memperbolehkan saya pulang.

Sekarang, saya merasa jauh lebih baik. Pengalaman ini membuat saya lebih berhati-hati dalam menjaga kebersihan rumah saya, terutama kamar saya, untuk mencegah kekambuhan penyakit.

Itulah kabar terbaru dari saya. Tolong balas segera. Saya berharap dapat mendengar kabar dari kamu dan berharap bisa bertemu segera.

Salam terbaik,

Michelle

Contoh 2

Bandung, 21 January 2024

My Dearest Kartika,

How is everything there? Is it still hot? The weather remains cool here. Regarding your invitation for me to visit you, I’m uncertain whether I can make it. Frankly, it seems quite challenging as I don’t think I have the means to afford the trip.

Instead, why don’t you consider coming here? I’d love to guide you around my cherished hometown.

Affectionately,

Budi

Artinya:

Bandung, 21 Januari 2024

Kartika Tercinta,

Bagaimana kabarnya di sana? Masih panas? Cuaca di sini masih sejuk. Terkait undanganmu untuk aku berkunjung, aku tidak yakin bisa pergi. Sejujurnya, sepertinya hampir tidak mungkin karena aku merasa tidak mampu secara finansial.

Sebagai gantinya, mengapa tidak mempertimbangkan untuk datang ke sini? Aku akan senang memandu kamu mengelilingi kota kelahiranku yang tercinta.

Dengan penuh kasih,

Budi

Contoh 3

Surabaya, February 1st, 2024


Dear Nathan,


How are you? Hope everything is okay with you. I’m all right here. We are going to have the national examination, aren’t we? Are you well prepared for it?

Well, to be honest, I just have some difficulties in preparing for it, especially in Science. There are extra lessons in my school and I take them all. But, I feel that they don’t help. I’m still confused in solving Mathematic problems.

I’m just worried that I fail the national examination. Do you have any suggestion for me? I really appreciate your help.

I look forward to hearing from you.


Your buddy,

Rendy


Artinya:

Surabaya, 1 Februari 2024

Dear Nathan,

Apa kabar? Semoga semuanya baik-baik saja di sana. Aku baik-baik saja di sini. Kita akan menghadapi ujian nasional, bukan? Apakah kamu sudah siap dengan baik?

Sejujurnya, aku mengalami beberapa kesulitan dalam mempersiapkannya, terutama pada mata pelajaran IPA. Ada pelajaran tambahan di sekolahku dan aku mengikutinya semua. Namun, rasanya mereka tidak membantu. Aku masih bingung dalam menyelesaikan soal Matematika.

Aku khawatir gagal dalam ujian nasional ini. Apakah kamu punya saran untukku? Aku sangat menghargai bantuanmu.

Aku menantikan kabarmu.

Salam,

Sobatmu,

Rendy

Contoh 4

Dear Ms. Rita Suherman S.Pd,


I acknowledge that I have made numerous mistakes towards you. My actions often caused you distress or anger as I proved challenging to manage. However, deep within my heart, I genuinely appreciate having such an excellent teacher like you.

Your patience in handling all your students, even when we occasionally misbehave, does not go unnoticed. You continuously strive to understand us.

Ms. Rita, I want to express my gratitude for everything you have done. Thank you for imparting valuable knowledge to me. I will always cherish the lessons you taught me.


Thank you for being an outstanding teacher. I wish you enduring health and happiness.


Sincerely,

Your student,

Handriadi

Artinya:


Kepada Ibu Rita Suherman S.Pd,


Saya menyadari bahwa saya telah membuat banyak kesalahan terhadap Anda. Tindakan saya seringkali membuat Anda merasa kesal atau marah karena saya sulit dikendalikan. Namun, di lubuk hati saya, saya sungguh bersyukur memiliki seorang guru yang sangat baik seperti Anda.

Kesabaran Anda dalam menghadapi semua siswa, bahkan ketika kami kadang-kadang berperilaku nakal, tidak luput dari perhatian. Anda terus berusaha untuk memahami kami.

Ibu Rita, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih saya atas segala yang telah Anda lakukan. Terima kasih telah memberikan pengetahuan berharga kepada saya. Saya akan selalu menghargai pelajaran yang telah Anda ajarkan.

Terima kasih telah menjadi guru yang luar biasa. Saya berharap Anda selalu sehat dan bahagia.


Hormat saya,

Siswa Anda,

Handriadi


Contoh 5

Dear Aunt Nia,


I have some exciting updates to share with you. Recently, I successfully completed my final examination.

Just a week ago, I managed to participate in a senior high school English competition. Additionally, my parents have decided to enroll me in a renowned English course in our town.

Furthermore, they assured me that if I excel in my English studies, they will consider sending me to a foreign university. It’s fantastic news, isn’t it? I am committed to working hard to achieve this goal. I aspire to become an excellent pediatrician, just like you, Aunt Nia.

That’s the latest from my end. Eagerly awaiting your news.


Warm regards,

Dewi


Artinya:


Hormat Aunt Dwi,


Saya punya berita seru untuk dibagikan kepada Anda. Baru-baru ini, saya berhasil menyelesaikan ujian akhir.

Hanya seminggu yang lalu, saya berhasil berpartisipasi dalam sebuah kompetisi Bahasa Inggris tingkat sekolah menengah atas. Selain itu, orangtua saya telah memutuskan untuk mendaftarkan saya di sebuah kursus Bahasa Inggris terkenal di kota kita.

Lebih lanjut, mereka menjamin bahwa jika saya berhasil dalam studi Bahasa Inggris saya, mereka akan mempertimbangkan untuk mengirim saya ke universitas di luar negeri. Ini berita luar biasa, bukan? Saya berkomitmen untuk bekerja keras mencapai tujuan ini. Saya bermimpi menjadi seorang dokter spesialis anak yang hebat, seperti Anda, Aunt Nia.

Itu dia kabar terbaru dari saya. Dengan penuh antusias menantikan kabar terbaru Anda.


Salam hangat,

Adeline. (Z-10)

Sumber: mediaindonesia.com