Cara Mengobati Demam Berdarah Dengan Obat Tradisional

Cara Mengobati Demam Berdarah Dengan Obat Tradisional

Cara Mengobati Demam Berdarah Dengan Obat Tradisional
5 (100%) 10 votes

Cara Mengobati Demam Berdarah Dengan Obat Tradisional – Demam berdarah adalah penyakit yang bisa membuat suhu tubuh penderita sakit menjadi sangat tinggi.

Penyakit demam berdarah ini disebabkan oleh virus dengue yang penyebarannya  melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus.

Penyebab penyakit demam berdarah

Demam berdarah tidaklah ditularkan dari orang ke orang secara langsung seperti penyakit flu, tetapi melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus yang berkembang biak. Gejala demam berdarah akan muncul antara 3 dan 14 hari setelah seseorang terjangkit virus dengue.

Gejala penyakit demam berdarah

Gejala yang mungkin muncul ketika anda mengalami penyakit demam berdarah yaitu sakit kepala yang hebat, pedas yang terasa sekitar mata, timbul bintikbintik merah, mual dan muntah, nyeri dan ngilu dipersendian.

Penyakit demam berdarah ini bisa berakibat fatal, namun sejauh ini hanya ada obat penghilang rasa sakit seperti aspirin dan ibuprofen  akan tetapi memiliki efek samping tersendiri.

Cara mengobati demam berdarah dengan daun pepaya

Oleh karna itu banyak orang memakai bermacam obat tradisioanl untuk mengatasi penyakit ini, salah satu obat tradisional yang ampuh atasi demam berdarah yaitu daun pepaya. Daun pepaya mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan salah satunya mengatasi demam berdarah.

Manfaat daun pepaya selama ini yang paling umum yaitu digunakan untuk melembutkan daging, akan tetapi ternyata terdapat khasiat lain untuk kesehatan.

Daun pepaya tidak secara ajaib menyembuhkan pasien demam berdarah, namun daun pepaya menjadi terapi pendukung untuk membantu mempercepat proses pemulihan yang  biasanya memakan waktu 9 sampai 10 hari.

Mengolah daun pepaya menjadi obat demam berdarah sangat mudah dengan cara mengolah daun pepaya mentah  menjadi jus. Jus daun pepaya merupakan metode tradisional untuk mengatasi demam berdarah tanpa masalah efek samping.

Ekstra daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat meningkatkan trombosit. Untuk saat ini perusahaan farmasi sudah mempersiapkan ekstrak daun pepaya dalam bentuk kapsul dan formula cair. Untuk mendapatkan hasil yang cepat konsumsi jus ini sebanyak 20 sampai 25 ml dalam dua kali sehari selama minggu.

Berikut cara mengolah daun pepaya menjadi jus :

  1. Siapkan dua helai daun pepaya yang sudah dibersihkan, ditumbuk dan diperas dengan saringan kain untuk mendapatlan airnya
  2. Air yang didapat dari dua helai daun tersebut yaitu 2 sendok makan
  3. Untuk meminumnya 1 kali sehari sebanyak 2 sendok makan.
  4. Daun jangan dimasak, direbus atau dicuci dengan air panas karena dapat mengilangkan khasiatnya
  5. Yang digunakan hanya daunnya saja bukan batangnya atau getahnya
  6. Untuk rasa jus memang pahit sekali, akan tetapi untuk mendapatkan khasiatnya memang harus diminum.

Cara mencegah demam berdarah

Ada baiknya sebelumnya terkena demam berdarah, anda melakukan kegiatan yang bisa diterapkan untuk mencegah demam diantaranya :

  • Membersihkan bagian dalam rumah Anda dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk
  • Menguras bak mandi dan menaburkan serbuk abate untuk membasmi jentik-jentik nyamuk mati.
  • Menutup atau jika perlu menyingkirkan media-media kecil penampung air lainnya yang ada di rumah Anda.
  • Memasang kawat anti nyamuk di seluruh ventilasi rumah Anda untuk menghindar masuknya nyamuk.
  • Memakai kelambu di ranjang tidur Anda.
  • Memakai losion anti nyamuk, terutama yang mengandung N-diethylmetatoluamide(DEET) yang terbukti efektif. Namun jangan menggunakan losiom  ini pada bayi yang masih berusia di bawah dua tahun.
  • Memakai pakaian yang panjang yang bisa melindungi Anda dari gigitan nyamuk.
  • Mengajak keluarga atau tetangga gotong royong untuk membersihkan lingkungan
  • Mengadakan fogging untuk membersikan lingkungan dari nyamuk dan jentik-jentiknya.

Demekian tips untuk mengatasi demam berdarah , masih banyak lagi manfaat daun pepaya yang tidak dibahas pada artiket ini. Tetapi harus diingat  meskipun jus daun pepaya memberikan bermanfaat bagi kesehatan , namun harus dihindari oleh wanita hamil karena dapat menyebabkan keguguran. Semoga bermanfaat..

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.