Manfaat Riset Pasar Untuk Digital Marketing

Manfaat Riset Pasar Untuk Digital Marketing

Rate this post

Riset pasar adalah proses mengumpulkan informasi berharga tentang kebutuhan dan preferensi konsumen. Ini membantu dalam menentukan apakah ada pasar untuk produk atau layanan dan merupakan bagian penting dalam mengembangkan bisnis apa pun. Ini memberi bisnis wawasan tentang profil dan kebiasaan belanja konsumen dan memberi perusahaan data yang diperlukan untuk membuat keputusan bisnis yang baik.

Pemasaran digital adalah metode mempromosikan merek, produk, atau layanan melalui satu atau lebih bentuk media elektronik, seperti Internet, perpesanan instan seluler, perpesanan teks nirkabel, podcast, saluran radio online, televisi digital, dan aplikasi seluler . Pemasaran digital memungkinkan perusahaan untuk menganalisis kampanye pemasaran mereka secara real time dan mencari tahu apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.

Dengan pemikiran ini, seberapa relevankah riset pasar dengan pemasaran digital?

Riset pasar sudah menggunakan internet

Melakukan riset pasar dulu terlalu memakan waktu, belum lagi mahal. Berkat internet, riset pasar telah berkembang dari survei pena-dan-kertas, wawancara satu-satu, dan diskusi kelompok fokus menjadi sesuatu yang lebih mobile, instan dan nyaman. Riset pasar seluler memanfaatkan penyebaran luas perangkat, seperti ponsel cerdas, untuk mengajukan pertanyaan, mendistribusikan jajak pendapat, dan menganalisis penggunaan produk. Riset pasar juga memanfaatkan media sosial, mengumpulkan dan menganalisis jutaan posting di berbagai platform jejaring sosial untuk menemukan tren dan mengungkapkan lebih banyak informasi tentang konsumen.

Melalui riset pasar, bisnis memiliki beberapa cara untuk meningkatkan konten mereka, memperkuat ajakan mereka untuk bertindak, dan akhirnya meningkatkan tingkat konversi. Ini telah mengarah pada pencarian pemasaran digital untuk cara-cara yang lebih efektif menggunakan media sosial dan seluler untuk dapat menjangkau orang-orang yang peneliti perlu hubungi.

Bagaimana riset pasar dapat meningkatkan pemasaran digital?

manfaat digital marketing

Riset pasar, terutama ketika dilakukan melalui saluran media sosial, memungkinkan bisnis mengamati dan mempelajari bahasa audiens mereka. Dengan mempelajari bahasa dan menirunya dalam iklan promosi, perusahaan akan dapat berbicara kepada audiens mereka dengan cara yang terhubung. Pada gilirannya, ada kemungkinan besar bahwa pemirsa akan mengklik ke halaman web, memungkinkan konversi. Selain bahasa, perusahaan juga akan dapat mengungkap tren dan kegiatan umum konsumen mereka yang kemudian dapat diintegrasikan ke dalam upaya pemasaran digital mereka.

Mengetahui apa yang disukai atau tidak disukai konsumen melalui media sosial dan saluran lainnya membantu bisnis mengidentifikasi influencer utama di audiens tertentu. Untuk memanfaatkan informasi ini sebaik-baiknya, pemasar digital sebaiknya membangun otoritas dan membangun hubungan dengan influencer ini. Dengan melakukan itu, perusahaan dapat meningkatkan jangkauan upaya pemasaran digital mereka, menggunakan influencer untuk me-retweet, meninjau produk atau layanan, atau hanya menyebut merek perusahaan.

Riset pasar juga menggunakan alat yang membantu bisnis mengumpulkan informasi tentang audiens mereka. Banyak perangkat lunak dan layanan yang tersedia untuk memungkinkan tim riset pasar untuk memindai dan memantau menyebutkan merek mereka, kata kunci yang relevan dan frase kunci, dan bahkan pesaing mereka.

Penelitian dan pemasaran digital berjalan seiring untuk mendorong cara terbaik untuk memantau, mengumpulkan, menganalisis dan menafsirkan data untuk meningkatkan pemahaman bisnis tentang target pasar mereka dan menyesuaikan strategi mereka secara efektif. Strategi-strategi ini sekarang dapat di-tweak dalam ‘waktu nyata’ karena hasil efektivitasnya diumpankan dengan cepat – membuat kampanye lebih fleksibel dan reaktif daripada sebelumnya.

Jika Anda ingin mempromosikan merek Anda secara digital, jangan remehkan kekuatan riset pasar. Lihatlah Lindstrom untuk melihat beberapa contoh hebat tentang apa yang dapat terjadi ketika pemasaran digital dilakukan dengan benar.

sumber : ahza digital

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.